Cari Aplikasi Pinjaman Uang Online Berbunga Rendah? Ini Rekomendasinya

Alt Text for Image: Aplikasi Pinjaman Uang Online

Nyari aplikasi pinjaman uang online yang bunganya rendah, sebenernya nggak susah. Tapi, tentu butuh waktu dan niat. Soalnya, sampai dengan 27 Juli 2021, di situs OJK tertera informasi kalo ada sebanyak 121 perusahaan fintech yang saat ini beroperasi dan sudah terdaftar di OJK. 

Dengan jumlah sebanyak itu, kalo kita mesti cek satu-satu, pastinya repot dan akan makan banyak waktu, ya. Selian ngebandingin sendiri, cara alternatif buat nemu aplikasi pinjaman uang online berbunga rendah adalah dengan ngeliat review atau ulasan orang-orang di internet. 

Nah, ulasan inilah salah satunya! Di sini, saya bakal kasih kamu rekomendasi sekaligus review dari empat aplikasi pinjaman online yang bunganya cukup bersahabat. Plus pastinya legal karena udah terdaftar di OJK.

Buat kamu yang lagi butuh, yuk simak ulasannya berikut ini. 

Kredivo: Pinjaman Uang Online Berbunga Rendah 2,6% Per Bulan

Kenapa saya tempatin Kredivo di poin pertama? Karena kebetulan saya pribadi pernah menggunakan dan masih jadi pengguna Kredivo sampai sekarang. 

Pada dasarnya, bukan cuma aplikasi pinjaman uang online, Kredivo ini bisa dibilang punya fitur atau layanan kredit online yang mencakup semuanya. Bisa pay later, bisa kredit sampai 12 bulan tanpa dp, dan bisa juga limitnya dicairin jadi pinjaman tunai

Fitur terakhir inilah yang bikin Kredivo makin spesial. Persis kartu kredit yang bisa ditarik tunai, di Kredivo, kalo kita punya limit cukup dan pengen pinjam uang, bisa gunain fitur “Pinjaman Tunai”-nya secara langsung. 

Tiga bulan lalu, saya pakai Kredivo buat pinjam dana sebesar Rp 2 juta. Limit yang saya punya lumayan besar sekitar Rp 15 jutaan, tapi saya nggak mau aji mumpung karena emang cuma butuh segitu. Dengan jumlah pinjaman pokok Rp 2 juta, berapa cicilan yang harus saya bayar? 

Berikut ini adalah rinciannya: 

  1. Pinjaman pokok yang diajukan adalah Rp 2 juta. 
  2. Kredivo memberikan opsi tenor 30 hari, 3 bulan, dan 6 bulan. Saya pilih cicil pinjaman selama 3 bulan. 
  3. Ada biaya admin sebesar 6% dipotong langsung dari pencairan, yaitu sebesar Rp120.000. 
  4. Jumlah uang pinjaman yang masuk ke rekening saya setelah dipotong admin adalah sebesar Rp1.880.000.
  5. Jumlah angsuran yang harus saya bayar per bulan selama 3 bulan adalah sebesar Rp718.670. Jumlah ii udah termasuk bunga 2,6%, yaa. Nggak ada biaya tambahan lain-lain. 
  6. Kalo ditotal Rp718.670 x 3 bulan, jumlah pengembaliannya cuma Rp2.156.010. 

Setelah ngajuin, pinjaman saya langsung cair besoknya. Dengan bunga segitu dan cairnya yang cepet banget, Kredivo adalah the best deal yang pernah saya temuin sih. Amat sangat ngebantu!

KrediFazz: Pinjaman Uang Online Berbunga Rendah 0,3% Per Hari

Sejauh ini, pinjaman online yang kasih bunga per bulan dan bisa dicicil pula, baru Kredivo aja. Selebihnya, rata-rata pinjaman online itu menerapkan suku bunga harian. Salah satunya, yang cukup rendah ada KrediFazz. Di mana KrediFazz menerapkan suku bunga pinjaman sebesar 0,3% per hari. Kalo ditotal, sebulan bunganya 9%. 

Bedanya sama Kredivo, KrediFazz ini spesifik cuma nawarin pinjaman online mulai dari 100 ribu sampai dengan Rp 3 juta maksimal. Kalo kamu males ribet dengan fitur kredit yang macam-macam dan cuma pengen pinjaman aja, KrediFazz bisa jadi salah satu alternatif terbaik. Dilihat di Google Play Store, aplikasi KrediFazz juga udah banyak didownload. Banyak juga yang kasih ulasan positif dengan rating aplikasi keseluruhan 4,2 dari 5. 

DanaFix: Pinjaman Uang Online Berbunga Rendah 0,5% Per Hari

Selain KrediFazz, ada juga layanan pinjaman sejenis yaitu DanaFix. DanaFix menawarkan layanan pinjaman mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 2 juta bagi pengguna baru, dan maksimal sampai Rp 10 juta bagi pengguna lama yang histori kreditnya bagus. 

Beda sama KrediFazz, bunga DanaFix agak lebih tinggi sedikit yaitu di angka 0,5% per hari atau maksimal bisa sampai 15% perbulannya. Tapi, jangan khawatir, suku bunga ini masih masuk batas yang ada dalam peraturan OJK dan AFPI, kok. 

Dana Rupiah: Pinjaman Uang Online Berbunga Rendah 0,8% Per Hari

Terakhir, ada Dana Rupiah yang bisa kamu jadikan opsi salah satu pinjaman online yang bunganya masih sesuai dengan aturan OJK dan AFPI. Dibandingkan dengan fintech lainnya, Dana Rupiah memang punya suku bunga lebih besar yaitu 0,8%. Tapi, perlu diingat ya, selain masih masuk aturan, suku bunga ini juga sudah disesuaikan dengan risiko pinjaman. Mengingat, pinjaman online adalah jenis pinjaman yang berisiko cukup tinggi karena tidak adanya jaminan. 

Di aplikasi pinjaman uang online Dana Rupiah, kamu bisa mengajukan pinjaman dana maksimal sampai dengan Rp 8 juta. Tersedia juga pilihan pinjaman untuk pinjaman produktif (buat modal bisnis) dan pinjaman pendidikan. Yang pasti, dua jenis pinjaman ini bunganya akan lebih rendah dibanding pinjaman personal untuk kebutuhan pribadi. 

Gimana, sudah tercerahkan dengan rekomendasi ini? Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *