Bagaimana Membuat Konsultasi Usaha Kecil Menguntungkan

Bagaimana Membuat Konsultasi Usaha Kecil Menguntungkan

Sebagai permulaan, mari kita tanyakan pada diri kita sendiri: Apakah konsultasi bisnis kecil menguntungkan? Jawabannya adalah “Ya”, dari seluruh penjuru dunia. Jadi, mengapa Anda tidak dapat membuatnya bekerja Jasa Pajak Bulanan Jakarta, dan dalam prosesnya membantu konsultasi kecil dengan pengalaman dan pendekatan unik Anda?

Anda adalah konsultan bisnis, bukan pekerja langsung

Kebingungan paling umum yang dihadapi oleh konsultan kecil adalah bahwa alih-alih tetap sebagai penasihat bisnis, mereka berakhir sebagai penyedia layanan langsung. Mereka akhirnya menangani beban kerja utama dari proses bisnis di mana mereka diharapkan hanya memberikan saran, dan klien berakhir dengan tagihan yang curam. Di tempat kepuasan bersama, Anda sekarang memiliki ketidakpuasan timbal balik. Hasilnya tidak diinginkan di kedua sisi – tetapi itu terlalu sering terjadi, di mana dalam konsultasi bisnis kecil, konsultan gagal mempertahankan posisi konsultan.

Ada tiga kemungkinan hasil dalam situasi seperti itu – klien membayar dan tetap kesal dengan Anda, klien tidak membayar tagihan Anda dan Anda kecewa dengan klien, atau kedua belah pihak mencapai kompromi yang tidak menyenangkan.

Setelah beberapa kesalahan seperti itu, Anda menjadi yakin bahwa tidak ada keuntungan dalam konsultasi. Tapi Anda tahu, itu tidak benar. Kenyataannya adalah pendekatan Anda harus transparan dan perlu diubah kasus per kasus.

Dalam kasus tertentu, jadwal waktu, kurangnya sumber daya pada bagian dari klien, atau urgensi lain mungkin meminta Anda untuk menyediakan sebagian besar pekerjaan sebagai penyedia layanan langsung. Tetapi dalam kasus seperti itu, klien perlu memahami sejak awal bahwa situasi instan membutuhkan penyedia layanan dengan pengalaman Anda, lebih dari itu membutuhkan kekuatan konsultasi. Klien perlu memiliki gagasan yang jelas tentang tagihan yang mungkin ditambahkan jika Anda memberikan layanan langsung, atau klien bebas untuk menyewa penyedia layanan langsung lainnya, untuk menghemat hari. Bahkan memberikan sedikit nasihat saja sudah cukup bagi Anda untuk menagih sebagai konsultan, karena klien tidak dapat mengenali situasinya. Apa yang Anda lakukan adalah konsultasi bisnis, dan bukan menciptakan situasi yang salah.

Mengapa campur aduk konsultasi bisnis kecil terjadi dengan keteraturan seperti itu?

Bisnis tertua dan paling tradisional dalam memberikan konsultasi secara tradisional mencontohkan diri mereka sebagai konsultan sekaligus penyedia layanan, misalnya firma hukum, atau firma Akuntan. Masing-masing sektor ini digunakan untuk klien yang datang kepada mereka pada saat terakhir atau ketika situasi genting bagi mereka, dan menurut hukum memaksimalkan peluang bisnis, mereka telah menyiapkan sistem untuk menyediakan alternatif layanan yang siap di tangan. Faktanya, di banyak perusahaan tradisional seperti itu, pemberian layanan dimulai terlebih dahulu, dan kemudian beralih ke konsultasi.

Namun, di era teknologi informasi, jumlah alternatif yang tersedia bahkan untuk yang kecil seratus kali lebih banyak daripada saat CPA atau firma hukum mulai membangun model bisnis mereka. Akibatnya, dengan ketersediaan lebih banyak pilihan penyedia layanan, dan kemampuan untuk membandingkan antara alternatif, kemungkinan ketidakpuasan klien berlipat ganda. Inilah sebabnya mengapa, dalam konsultasi hari ini, cukup untuk menunjukkan perlunya pemberian layanan langsung kepada klien, tanpa melibatkan diri Anda sendiri, atau memaksakan agenda layanan langsung Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *