4 Kandungan Nutrisi Pisang Raja yang Jarang Orang Tahu

4 Kandungan Nutrisi Pisang Raja yang Jarang Orang Tahu

Pisang raja adalah salah satu buah dengan cita rasa yang enak dan mengenyangkan. Tidak mengherankan, pisang raja yang berukuran sedang mengandung 105 kalori. Dilihat dari kandungan nutrisinya, pisang raja bermanfaat untuk kesehatan.

Pisang raja juga buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil hingga bayi yang sudah mendapatkan MPASI. Berbagai varian resep makanan juga bisa kamu dapatkan melalui pisang raja. Kamu mungkin bertanya-tanya, apa saja manfaat tak terduga dari pisang raja? Nah, berikut ini manfaat buah pisang raja yang perlu dipahami.

Kandungan Nutrisi Buah Pisang raja

Dilansir dari Human Health Effects of Fruits and Vegetables, secara umum pisang raja merupakan sumber vitamin K, magnesium, protein, dan mangan yang baik untuk tubuh.

Kandungan vitamin A dalam pisang raja memang tidak sebesar buah-buahan lainnya. Meski begitu, ada beberapa kandungan penting dalam buah pisang raja yang harus Kamu pahami, yaitu:

1. Potasium

Pisang raja sudah dikenal menjadi buah yang kaya kandungan potasiumnya. Potasium adalah elektrolit mineral yang membuat listrik mengalir ke seluruh tubuh, yang mana dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah pisang raja juga mengandung natrium yang rendah sehingga membantu melindungi sistem kardiovaskular dan mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

Dilansir dari laman Medical News Today, kandungan potasium dalam pisang raja juga mampu mengurangi risiko pembentukan batu ginjal seiring bertambahnya usia.

2. Vitamin B6

Manfaat buah pisang raja juga merupakan salah satu sumber vitamin B6 terbaik yang mudah diserap oleh tubuh.

Vitamin B6 membantu produksi sel darah merah, metabolisme karbohidrat dan lemak jadi energi, metabolisme asam amino, melenyapkan kimia berbahaya dari hati dan ginjal, serta menjaga kesehatan sistem saraf.

3. Flavonoid

Ada beberapa flavonoid yang bisa didapatkan dari pisang raja, yaitu quercetin, myricetin, kaempferol, dan cyanidin yang sama-sama memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh. Sebenarnya, apa sih gunanya flavonoid untuk tubuh?

Nah, flavonoid, baik yang terdapat dalam buah-buahan atau sayuran bertugas sebagai penangkal radikal bebas. Artinya, flavonoid dapat menunjukkan aktivitas antiinflamasi, antialergi, dan antioksidan dalam tubuh.

Hasilnya, manfaat buah pisang raja dapat menjadikan daya tahan tubuh lebih terjaga dan terhindar dari berbagai infeksi penyakit.

4. Serat

Bukan rahasia lagi kalau pisang raja merupakan buah-buahan yang berserat tinggi. WebMD mengungkapkan, satu buah pisang raja matang rata-rata memberikan 3 gram kandungan serat, yang mana itu sekitar 10 persen dari jumlah kebutuhan setiap harinya.

Sebagian serat dalam pisang raja disebut serat larut yang dapat membantu mengendalikan kolesterol dan tekanan darah, melancarkan pencernaan, serta membantu meredakan peradangan dalam tubuh.

Bisa dikatakan, buah-buahan ini berserat tinggi dan dapat memberikan rasa kenyang lebih cepat tanpa kalori yang ekstra.

Tahukah, kalau pisang raja hijau mengandung zat yang disebut pati resisten. Artinya, zat ini bertindak seperti serat tidak larut, yang membantu menjaga usus agar bekerja dengan sebaik mungkin. Pati resisten juga dapat menurunkan gula darah dalam tubuh.

Melihat begitu banyak kandungan baik dalam buah pisang raja, tidak mengherankan kalau buah satu ini juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak-anak. Saat ini tidak perlu khawatir lagi untuk mencari tempat membeli pisang raja raja yang dijamin segar dan berkualitas. TaniHub menyediakan pisang raja raja serta kebutuhan sehari – hari seperti buah, sayur, sembako, kebutuhan masak, bumbu, telur dan unggas lainnya yang telah lulus quality control yang ketat.

TaniHub merupakan sebuah platform e-commerce yang berbasis aplikasi dan website. Memiliki fokus utama terhadap produk hasil pertanian dan berbagai kebutuhan masak untuk usaha ataupun rumah tangga. Keberadaan TaniHub mendukung para petani untuk mendapatkan akses pasar dengan menyalurkan hasil produk pertaniannya kepada konsumen B2B (Business to Business) & B2C (Business to Consument).

Selain membantu para petani lokal, Kamu juga bisa mendapatkan penawaran harga yang lebih terjangkau dari promo yang ditawarkan oleh TaniHub.

Yuk belanja sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *